Google search

Wednesday, November 30, 2011

RUSA TOTOL ISTANA BOGOR

Gagan H Wijaya
Istana Bogor terletak di tengah Kota Bogor, pada posisi antara 160° 43′ BT, 106° 51′ LS sampai dengan 6° 40′ LS. Istana Bogor berada pada ketinggian 260 m dari permukaan laut, dengan luas areal 28 ha, sisanya berupa bangunan istana, jalan, dan taman berpagar. Curah hujan adalah 512,5 mm dengan jumlah hari hujan sebanyak 13 hari diperoleh dari hasil komunikasi Badan Meteorologi dan Geofisika. Di halaman Istana Bogor terdapat berbagai jenis pohon dan rumput yang ditanam sejak zaman Belanda dan berfungsi sebagai sarana keindahan. Pohon tersebut juga berfungsi sebagai naungan bagi rusa. Jenis pohon yang mendominasi Istana Bogor, adalah beringin (Ficus benjamina), mahagoni (Swietenia mahagoni), dan cengkeh (Syzygium aromaticum). Sebelumnya Istana Bogor dilengkapi dengan sebuah kebun besar, yang dikenal sebagai Kebun Raya Bogor namun sesuai dengan kebutuhan akan pusat pengembangan ilmu pengetahuan akan tanaman tropis, Kebun Raya Bogor dilepas dari naungan istana pada tahun 1817 (Sekretariat Presiden RI. 2004).

Rusa merupakan satwa liar yang mempunyai potensi ekonomi karena dapat menghasilkan daging, kulit, dan velvet (tanduk muda). Pengelola Istana Bogor memelihara rusa totol dengan maksud untuk memperindah halaman istana
            Rusa totol yang berada di dalam halaman istana memiliki klasifikasi taksonomi sebagai berikut
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas :Mamalia
Ordo : artiodactyla
Family : cervidae
Genus : Axis
Species : Axis axis( rusa totol) (Seputar Semarang. 2011)
Ciri rusa ini yaitu rambut tubuhnya berwarna coklat dengan totol putih. Berat badan jantan  dewasa 50-70 kg, dan betina dewasa 40-50 kg, dengan tinggi gumba sekitar 90-100 cm. Semakin tua usianya maka warna coklat kulitnya akan semakin gelap dan bintik-bintik putihnya makin tersusun rapi. Asli rusa totol berasal dari India sampai Sri Lanka, kemudian pada masa Gubernur Jenderal Inggris sekitar tahun 1814 oleh Thomas Stanford Raffles didatangkan ke Bogor untuk menempati halaman istana. Jumlah awal rusa totol di halaman Istana Bogor adalah enam pasang dan berfungsi sebagai sarana keindahan istana. Habitatnya adalah padang rumput. Sebagai hewan herbivora, rusa totol menyukai hampir segala jenis hijauan terutama memakan rumput dan dedaunan serta makanan tambahan lainnya. Pubertas pada betina terjadi pada umur 10-15 bulan dan pada jantan pada umur 12-16 bulan, siklus estrus 18-21 hari, lama kebuntingan 234 hari, jarak antar kelahiran sekitar 275 hari (Setugede.2011).
Dari hasil penelitian Fajri (2000) diketahui bahwa pertumbuhan populasi rusa totol di halaman Istana Bogor mengalami peningkatan. Rata-rata pertumbuhan populasi tahun 1991/92 sampai 1999/ 2000 adalah 59 ekor per tahun (105%) dengan peningkatan kepadatan populasi 2,95 ekor/ha. Dengan makin bertambahnya populasi rusa totol di halaman Istana Bogor yang tidak diimbangi oleh peningkatan kuantitas dan kualitas habitatnya, maka dimungkinkan sudah terjadi kelebihan populasi dari rusa yang ada di Istana Bogor tersebut.

Dari pengamatan diketahui jumlah rusa totol jantan dewasa yang berada di halaman Istana Bogor adalah 118 ekor, 361 ekor betina dewasa, 312 remaja, dan 134 anakan. Total jumlah keseluruhan rusa totol adalah 925 ekor.
Kepadatan seluruh rusa totol di Halaman Istana Bogor adalah 33 ekor/ha.
Grafik 1. Stuktur umur rusa totol di halaman Istana Bogor
Berdasarkan grafik diketahui bahwa rusa betina dewasa memiliki jumlah individu yang lebih banyak dibanding yang lainnya.
Nisbah kelamin antara rusa totol jantan dewasa dan rusa totol betina dewasa adalah 1:3. Perbandingan ini artinya terdapat 3 betina dewasa untuk 1 jantan dewasa.


DAFTAR PUSTAKA
Fajri, S. 2000. Perilaku Rusa Totol (Axis axis) yang dikembangkan di Halaman Istana Bogor. [Skripsi] Jurusan Ilmu Peternakan. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor.
Sekretariat Presiden RI. 2004. Sejarah Istana Bogor [terhubung berkala]. www.presidenri.go.id/istana/index.php/statik/sejarah/bogor.html. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2011.
Seputar Semarang. 2011. Taman Margasatwa Bonbin Semarang [terhubung berkala]. http://seputarsemarang.com/taman-margasatwa-bonbin-semarang-5885. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2011.
Setugede. 2011. Rusa Totol Fauna Identitas Kota Bogor [terhubung berkala]. http://www.setugede.com/index.php/news/204-rusa.html. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2011.


No comments: