Google search

Thursday, December 15, 2011

PERENCANAAN DESAIN ARBORETUM FAHUTAN IPB

Oleh: Gagan Hangga Wijaya
Kawasan arboretum Fahutan memiliki potensi yang tinggi untuk dikembangkan sebagai sarana hiburan dan pendidikan. Letak arboretum yang berada di depan Kantor Dekanat Fahutan dan di tepi jalan akan memberikan akses yang mudah bagi pengunjung. Mahasiswa Fahutan atau TPB yang melewati jalan di depan arboretum merupakan pengunjung potensial, sedangkan staf Dekanat juga dapat menjadi pengunjung yang potensial pula. Perbaikan sarana dan prasarana serta kondisi vegetasi arboretum fahutan harus segera dilakukan agar arboretum Fahutan bukan hanya koleksi pohon saja tetapi merupakan tempat bagi mahasiswa untuk memperoleh informasi dan sebagai sarana melepas lelah serta menghilangkan stress. 

Penataan vegetasi dan pepohonan
Untuk penataan pohon, lantai hutan arboretum harus dibersihkan dari ranting-ranting kayu dan semak belukar. Beberapa pohon yang jenisnya sama harus dijarangi agar tidak terlalu rapat sehingga memudahkan pengunjung untuk berjalan diantara pepohonan. Penanaman jenis-jenis pohon langka dan unik juga perlu dilakukan untuk menambah koleksi arboretum.
Selain itu, dari segi strata tajuk, perlu diberikan variasi jenis pohon agar terbentuk strata tajuk yang indah dan terlihat menarik dari luar. Bagian tepi arboretum perlu ditanami pepohonan dengan tajuk rendah dan beberapa pohon dengan tajuk tinggi. Namun di bagian tengah arboretum perlu dijaga pepohonan yang tajuknya tinggi dan berdiameter besar sehingga akan terlihat dari kejauhan. Jika strata tajuk rata saja dari bagian tepi hingga tengah, maka yang akan terlihat dari kejauhan hanya tajuk pohon di bagian tepi saja.
Penanaman dan pemasangan beberapa jenis liana dan epifit sangat berguna untuk menambah estetika dan keanekaragaman vegetasi arboretum. Beberapa jenis anggrek, paku-pakuan dan liana lainnya dapat menambah keindahan isi arboretum. Untuk jenis anggrek perlu diletakkan di bagian tengah arboretum untuk menghindari kerusakan dan pencurian dari tanaman tersebut. Beberapa tanaman yang berbunga wangi dapat menciptakan suasana yang segar dan alami.

Fasilitas Penting
Sesuai dengan manfaat arboretum untuk pendidikan dan hiburan, maka desain arboretum Fahutan harus disesuaikan dengan tujuan tersebut. Berbagai fasilitas yang berhubungan dengan pendidikan harus diciptakan dengan memperhatikan nilai-nilai keindahan dan hiburan. Misalnya setiap jenis pohon diberi label nama dan deskripsi pohon dan disertai manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari, papan interpretasi, perpustakaan outdoor, dan lain-lain. Penyediaan sarana hiburan seperti panjat pohon, fotografi, dan sarana hiburan lainnya akan menambah daya tarik tersendiri.
Sebagai sarana hiburan bagi mahasiswa dan pengunjung lainnya, arboretum Fahutan dapat difasilitasi dengan tempat duduk yang nyaman di bagian tepi arboretum agar pengunjung dapat duduk sambil membaca buku atau mengerjakan tugas sambil menikmati udara segar dan keindahan arboretum. Terdapatnya berbagai jenis burung, kupu-kupu dan satwa lainnya juga akan menambah hiburan bagi pengunjung.
Untuk menunjang aktifitas pengunjung di kawasan arboretum, perlu disediakan berbagai fasilitas, misalya kantin, toilet, perpustakaan, hotspot internet, sambungan listrik dan lain-lain. Kantin diletakkan di luar kawasan arboretum namun dekat dengan arboretum, sehingga pengunjung dapat membeli makanan atau minuman ketika mereka sedang beristirahat di tepi arboretum. Tempat sampah tentunya harus disediakan di setiap sudut dan pintu masuk arboretum. Toilet juga disediakan tidak jauh dari kawasan arboretum. Perpustakaan di luar ruangan kelas akan menjadi daya tarik tersendiri. Perpustakaan di arboretum fahutan dapat berupa kios kecil yang menampung berbagai jenis buku atau majalah berkaitan dengan arboretum atau pengetahuan tumbuhan. Hal tersebut akan menambah pengetahuan dan informasi pengunjung. Hotspot atau wifi juga menambah kemudahan pengunjung untuk mengakses internet. Pengunjung yang sedang duduk sambil mengerjakan tugas dapat mengakses internet dengan baik dan mudah sehingga pengunjung tidak perlu meninggalkan kawasan arboretum. Saluran listrik juga diperlukan untuk penerangan maupun sumber listrik bagi laptop dan computer. 

Aksesibilitas dan papan informasi
Jalan setapak yang telah ada saat ini sebaiknya diperindah lagi dengan menambahkan papan interpretasi dan diberikan pencahayaan untuk pengunjung di malam hari. Untuk memudahkan pengunjung dalam menikmati semua isi arboretum, perlu dipasang papan jalur pejalan kaki agar mereka dapat mengetahui apa dan dimana area-area yang penting dan memiliki ciri khas vegetasi tertentu. Misalnya untuk melihat kayu ulin, maka pengunjung harus melewati jalan tertentu, begitu pula untuk melihat anggrek atau burung yang ada di kawasan arboretum.

Kehadiran satwa
Kehadiran satwa akan menambah daya tarik arboretum Fahutan. Satwa akan hadir dan bersarang dengan sendirinya jika di area arboretum disediakan habitat dan pakan yang cocok bagi satwa. Penanaman beberapa jenis pohon berbuah dapat menarik jenis burung pemakan buah dan biji, misalnya pohon Ficus sp. Penanaman pohon yang berbunga juga akan menarik berbagai jenis kupu-kupu. Beberapa satwa yang potensial untuk ditempatkan di arboretum misalnya kadal terbang, tokek, makaka, siamang, bajing, katak pohon, ular pohon tidak berbisa, dan lain-lain.

Penyaluran Hobi
Untuk pengunjung yang memiliki hobi tertentu juga dapat disalurkan di arboretum Fahutan ini. Pengunjung yang hobi memanjat tebing dapat mencoba memanjat pohon yang tinggi dengan menggunakan alat bantu tali. Pengunjung juga dapat bergelantungan di liana yang merambat sehingga hobi pengunjung akan tersalurkan. Pengunjung yang memiliki hobi fotografi juga disediakan berbagai objek fotografi yang menarik seperti bunga, burung, kupu-kupu, buah, tajuk pohon, dan lain-lain.

No comments: